Rabu, 21 Maret 2012

ILMU BUDAYA DASAR

Dalam beberapa bahasa, kata Budaya bisa diartikan dan digabungkan sebagai pengolahan budi dan akal manusia. Artinya budaya adalah suatu sikap dan sifat yang mempengaruhi cara berakal dan budi manusia yang telah diolah.

Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar kebudayaan yang didalamnya berisi mengenai bagaimana cara bertindak dan berfikir yang baik dan tepat untuk memenuhi kebutuhan hidup namun dengan etika yang benar sehingga tidak merugikan orang lain baik secara jasmani maupun rohani.

Ilmu budaya dasar hampir sama dengan ilmu sosial dasar karena kehidupan sosial dengan kehidupan berbudaya hampir tidak bisa dibedakan dan saling berkaitan, hanya saja ilmu budaya lebih mengarah kepada kebudayaan atau adat dan etika dari setiap manusia, sedangkan ilmu sosial itu lebih mengarah kepada kehidupan bersama dan cara-cara bersosialisme.

Beberapa kebudayaan yang terjadi diantara kehidupan manusia antara lain:

  1. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia yang sangat beragam.
  2. Kebudayaan yang didapatkan dari pelajaran disekolah maupun kampus.
  3. Kebudayaan yang dihasilkan dari perbedaan biologi, psikologi dan sosiologi.
  4. Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kehidupan seperti kesenian, bahasa, adat istiadat, agama, maupun tingkatan sosial.

Di indonesia sendiri mempunyai beberapa latar belakang dari kebudayaan itu sendiri seperti :

  1. Indonesia yang memiliki tingkat majemuk yang tinggi dalam adat istiadat karena setiap daerah memiliki kebudayaannya tersendiri, contohnya orang batak dan orang jawa memiliki kebudayaannya masing-masing.
  2. Globalisasi yang mengakibatkan adanya adaptasi budaya asing dengan kebudayaan di Indonesia yang terkadang berbenturan dengan nilai budaya asli namun ada juga yang tidak.
  3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengakibatkan perubahan dalam pola berpikir manusia terutama di Indonesia yang menimbulkan konflik atau budaya baru atau bahkan perubahan baik dalam tatanan hidup maupun budaya daerah itu sendiri.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar

  1. Lebih mengenal lebih detail mengenai dirinya sendiri maupun orang lain yang umumnya kita melihat dari luarnya saja.
  2. Lebih mengenal pola bertingkah laku diri sendiri maupun orang lain
  3. Sebagai ilmu awal manusia agar kelak kita bisa memilah mana yang baik dan buruk dalam bergaul.
  4. Peka terhadap perasaan orang lain dan mau mendalami sifat dan perilaku manusia.
  5. Berpikir kritis dalam menerima dan menanggapi segala jenis kebudayaan yang ada diantara kita dan bukan bersifat diskriminasi dan egois melainkan bertoleransi.
  6. Ikut melestarikan kebudayaan yang ada dari sejak jaman dahulu dan bukan meniadakannya akibat dari adanya budaya baru yang berasal dari luar.
  7. Kita diharapkan sebagai perantara atau penengah jika terjadi konflik yang berlatar belakang budaya, dan kita mampu untuk berdialog serta berkomunikasi secara benar agar tidak terjadi konflik dalam pelaksanaan kebudayaan itu sendiri.

Sehingga diharapkan dengan adanya ilmu budaya dasar ini akan membuat setiap manusia yang mempelajarinya dapat menghargai perbedaan budaya diantara manusia dan juga menjadikannya sebagai suatu keindahan yang membuat kehidupan bersama yang saling menguntungkan, dan kehidupan bersama pun tercapai, bukan malah menjadikan perbedaan suatu kebudayaan menjadi alasan untuk terjadinya konflik diantara kita, sering terjadinya rasisme, diskriminasi atau sering disebut juga SARA diakibatkan oleh manusia yang belum mengerti dengan benar apa itu keindahan dari perbedaan budaya yang sebenarnya justru lebih indah apabila kita bisa bertoleransi terhadap budaya orang lain dan menjadikannya suatu keindahan Sang Pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar