Selasa, 22 Oktober 2013

Tulisan Berdasarkan Artikel

Bencana Alam tidak hanya berimbas pada manusia dan harta benda saja. Walaupun binatang memiliki kekmampuan untuk mendeteksi gejala alam seperti tsunami dan letusan gunung, namun bukan berarti mereka tidak terancam. Seringkali populasi serta ekosistem hewan turut menjadi korban bencana.

Indonesia menjadi Negara yang mengalami efek terparah dari gempa dahsyat dan tsunami tahun 2004 lalu. Dampak tersebut juga terlihat dari rusaknya ekosstem disekitar pantai, terumbu karang, hutan bakau, lahan basah bahkan hingga sekitar hutan dan kawasan pertanian.

Tidak hanya negara Indonesia saja, negara lain seperti Amerika serikat juga mengalami hal serupa. Saat terjadi badai Katrina pada tahun 2005 lalu, puluhan ribu hewan terancam nyawanya. Hewan-hewan terjebak dalam situasi badai dan banjir. Untuk menyelamatkan mereka, dibentuklah tim khusus penyelamatan hewan. Sekitar 10 ribu hewan berhasil diselamatkan. Namun banyak pula yang mati karena tenggelan ataupun kelaparan. Tidak hanya itu, bencana tersebut juga merusak ekosistem alam. Hewan yang hidup bebas seperti rusa serta ribuan ternak mati. Sedangkan yang selamat tidak bisa kembali ke habitatnyakarena telah rusak parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar