Selasa, 07 Mei 2013

Kepemimpinan


Pemimpin adalah inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akan tercapai tujuannya jika ada pemimpin. Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama.
Bila seorang pemimpin ingin menjadi pemimpin yang sukses, maka dia harus dihormati bawahannya. Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, menjadi pemimpin haruslah menciptakan kepemimpinan yang jujur, adil dan pekerja keras tidak hanya itu :
-  Berani dan percaya diri 

Inti dari gaya kepemimpinan ini ialah jangan pernah takut mengambil risiko dan jangan pernah takut melakukan kesalahan.

-  Memiliki tujuan 

Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, seseorang harus bisa mengomunikasikan tujuan, visi, dan misi yang ingin dicapai timnya. Dengan mengomunikasikan, ini akan membuat bawahan merasa terpacu untuk mencapai target, dan atasan sang pemimpin juga bisa melihat bahwa pemimpin ini bisa membimbing anak buahnya.

-  Pemberi semangat 

Pemimpin yang terbaik adalah manusia karena manusia bisa memberikan semangat dan mampu memotivasi karyawannya.

- Seimbang

Setiap pemimpin harus bisa mengukur risiko yang dihadapinya. Selain itu, ciptakan waktu yang tepat untuk menikmati hidup di luar pekerjaan. 

- Menjadi diri sendiri 

Tak ada yang lebih baik selain menjadi diri sendiri. Karena itulah, jadilah pemimpin yang sesuai dengan kepribadian, jangan berusaha untuk menjadi orang lain yang bukan diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar