Dalam pengambilan keputusan
biasanya konsumen akan memperhatikan beberapa hal yang penting antara lain
seperti budaya, sosial, keluarga, pribadi, psikologi. Dengan pertimbangan
diatas, berulah seorang konsumen akan mengambil tindakan sebagai suatu keputusan
pembelian terhadap suatu produk yang diinginkan. Dengan adanya faktor-faktor
tersebut biasanya konsumen akan menitik beratkan pada faktor budaya yang
terkini. Selain dari gaya hidup, faktor tersebut merupakan adanya kemajuan
perilaku konsumen yang teratur terhadap produk yang diinginkan. Dengan faktor
dominan ini, maka produk yang ditawarkan oleh produsen akan semakin meningkat
seiring perkembangan zaman.
Dalam mengenal perilaku konsumen,
perlu adanya upaya untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai apa yang dapat
mempengaruhi perilaku konsumen tersebut. Seperti halnya dalam pengambilan
keputusan, konsumen akan menggunakan faktor-faktor apa saja dalam pengambilan
keputusan suatu produk. Konsumen yang cermat akan menggunakan beberapa faktor
lebih banyak untuk menanggapi suatu pilihan dalam suatu putusan, lalu akan
mengambil suatu langkah konkret yaitu dengan membeli produk yang diinginkan.
Maka, konsumen sedikitnya harus
mengetahui jenis produk yang akan ia beli antara perbandingan dari merk dagang
yang lain. Mulai dari perbandingan harga, kemasan, mutu produk, tanggal
kadaluarsa, rasa dan warna, kegunaan produk.
Segmentasinya seperti contoh, saat musim Lebaran tiba. Perilaku
konsumen dapat membantu pembuat keputusan membuat kebijakan publik. Misalnya
dengan mengetahui bahwa konsumen akan banyak menggunakan transportasi saat lebaran, pembuat keputusan dapat merencanakan harga tiket
transportasi di hari raya tersebut. Aplikasi yang lain adalah dalam hal pemasaran sosial ,
yaitu penyebaran ide di antara
konsumen. Dengan memahami sikap konsumen dalam menghadapi sesuatu, seseorang
dapat menyebarkan ide dengan lebih cepat dan efektif.
Maka saat musim Lebaran tiba perilaku konsumen terhadap suatu
produk barang atau jasa akan lebih meningkat atau menuju tungkat maksimal.
Karena kebutuhan konsumen saat musim Lebaran juga meningkat berpengaruh juga
terhadap permintaan konsumen yang akan semakin besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar