Pengertian
dan Tujuan Manajemen Data
Manajemen Data adalah bagian dari manajemen sumber daya
informasi yang mencakup semua kegiatan yang memastikan bahwa data :
·
Data Akurat
·
Up to Date (Mutakhir)
·
Aman
·
Tersedia bagi pemakai (user)
Kegiatan
Manajemen Data (1)
Kegiatan
manajemen data mencakup :
·
Pengumpulan Data
·
Integritas dan Pengujian
·
Penyimpanan
·
Pemeliharaan
·
Keamanan
·
Organisasi
·
Pengambilan
Kegiatan
Manajemen Data (2)
·
Pengumpulan Data
Data yang diperlukan dikumpulkan dan dicatat dalam suatu formulir yang disebut dokumen sumber yang berfungsi sebagai input bagi system.
Data yang diperlukan dikumpulkan dan dicatat dalam suatu formulir yang disebut dokumen sumber yang berfungsi sebagai input bagi system.
·
Integritas dan Pengujian
Data tersebut diperiksa untuk meyakinkan konsistensi dan akurasinya berdasarkan suatu peraturan dan kendala yang telah ditentukan sebelumnya.
Data tersebut diperiksa untuk meyakinkan konsistensi dan akurasinya berdasarkan suatu peraturan dan kendala yang telah ditentukan sebelumnya.
·
Penyimpanan
Data disimpan pada suatu medium, seperti pita magnetic atau piringan magnetic.
Data disimpan pada suatu medium, seperti pita magnetic atau piringan magnetic.
·
Pemeliharaan
Data baru ditambahkan, data yang ada diubah, dan data yang tidak lagi diperlukan dihapus agar sumberdaya data (berkas) tetap mutakhir.
Data baru ditambahkan, data yang ada diubah, dan data yang tidak lagi diperlukan dihapus agar sumberdaya data (berkas) tetap mutakhir.
·
Keamanan
Data dijaga untuk mencegah penghancuran, kerusakan atau penyalahgunaan.
Data dijaga untuk mencegah penghancuran, kerusakan atau penyalahgunaan.
·
Organisasi
Data disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai.
Data disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai.
·
Pengambilan
Data tersedia bagi pemakai.
Data tersedia bagi pemakai.
TELEMATIKA
Telematika ialah istilah untuk mendefinisikan Telekomunikasi melalui media informatika. Berdasarkan definisi di atas telematika sebenarnya mencakup dua teknik yaitu: telekomunikasi dan informatika. Karena kekhususan penelitian dalam bidang penelitian seperti: Digital signal processing, Network programming, Managemen Telekomunikasi: Routing, security, dll. Sentral telepon, router, switch, VoIP dll. Interoperabilitas: pensinyalan, operating system dan data base. Fiber optics, Network performance and Qos. Pengembangan software, dll.
Pada Manajemen Data Telematika poin penting yang harus dimiliki adalah client sebagai user, server sebagai pusat pengambilan data, dan juga database sebagai tempat menyimpan data.
Istilah arsitektur mengacu pada desain sebuah aplikasi, atau dimana komponen yang membentuk suatu system ditempatkan dan bagaimana mereka berkomunikasi. Client merupakan sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan ke server sedangkan server ialah, sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta oleh client.
Client-Server adalah pembagian kerja antara server dan client yg mengakses server dalam suatu jaringan. Jadi arsitektur client-server adalah desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan.
Macam-macam arsitektur aplikasi Client-Server beserta kelebihan dan kekurangannya yaitu:
1. Standalone (one-tier)
Pada arsitektur ini semua pemrosesan
dilakukan pada mainframe. Kode aplikasi, data dan semua komponen sistem
ditempatkan dan dijalankan pada host. Walaupun computer client dipakai
untuk mengakses mainframe, tidak ada pemrosesan yang terjadi pada mesin ini,
dan karena mereka “dump- client” atau “dump-terminal”. Tipe model ini, dimana
semua pemrosesan terjadi secara terpusat, dikenal sebagai berbasis-host.
Sekilas dapat dilihat kesalahan pada model ini. Ada dua masalah pada komputasi
berbasis host: Pertama, semua pemrosesan terjadi pada sebuah mesin tunggal,
sehzingga semakin banyak user yang mengakses host, semakin kewalahan jadinya.
Jika sebuah perusahaan memiliki beberapa kantor pusat, user yang dapat
mengakses mainframe adalah yang berlokasi pada tempat itu, membiarkan kantor
lain tanpa akses ke aplikasi yang ada.
Pada saat itu jaringan sudah ada namun masih dalam tahap bayi, dan umumnya digunakan untuk menghubungkan terminal dump dan mainframe. Namun keterbatasan yang dikenakan pada user mainframe dan jaringan telah mulai dihapus.
Pada saat itu jaringan sudah ada namun masih dalam tahap bayi, dan umumnya digunakan untuk menghubungkan terminal dump dan mainframe. Namun keterbatasan yang dikenakan pada user mainframe dan jaringan telah mulai dihapus.
2. Client/Server (two tier)
Dalam model client/server,
pemrosesan pada sebuah aplikasi terjadi pada client dan server. Client/server
adalah tipikal sebuah aplikasi two-tier dengan banyakclient dan sebuah server
yang dihubungkan melalui sebuah jaringan. Aplikasi ditempatkan pada
computer client dan mesin database dijalankan pada server jarak-jauh. Aplikasi
client mengeluarkan permintaan ke database yang mengirimkan kembali data ke
client-nya. Model Two-tier terdiri dari tiga komponen yang disusun menjadi
dua lapisan : client (yang meminta serice) dan server (yang menyediakan
service).
Tiga komponen tersebut yaitu :
1.
User Interface. Adalah antar muka
program aplikasi yang berhadapan dan digunakan langsung oleh user.
2.
Manajemen Proses.
3.
Database.
Model ini memisahkan peranan user interface dan database dengan jelas, sehingga terbentuk dua lapisan.
3. Three Tier
Arsitektur Three Tier merupakan inovasi dari arsitektur
Client Server. Pada arsitektur Three Tier ini terdapat Application Server yang
berdiri di antara Client dan Database Server. Contoh dari Application server
adalah IIS, WebSphere, dan sebagainya. Application Server umumnya berupa
business process layer, dimana bisa didevelop menggunakan PHP, ASP.Net,
maupun Java. Sehingga kita menempatkan beberapa business logic kita pada tier
tersebut.
Arsitektur Three Tier ini banyak sekali diimplementasikan dengan menggunakan Web Application. Karena dengan menggunakan Web Application, Client Side (Komputer Client) hanya akan melakukan instalasi Web Browser. Dan saat komputer client melakukan inputan data, maka data tersebut dikirimkan ke Application Server dan diolah berdasarkan business process-nya. Selanjutnya Application Server akan melakukan komunikasi dengan database server.
4. Multi Tier
Arsitektur Multi Tier adalah suatu metode yang sangat mirip dengan
Three Tier. Bedanya, pada Multi Tier akan diperjelas bagian UI (User Interface)
dan Data Processing.
Yang membedakan arsitektur ini adalah dengan adanya Business Logic Server. Database Server dan Bussines Logic Server merupakan bagian dari Data Processing, sedangkan Application Server dan Client/Terminal merupakan bagian dari UI. Business Logic Server biasanya masih menggunakan bahasa pemrograman terdahulu, seperti COBOL. Karena sampai saat ini, bahasa pemrograman tersebut masih sangat mumpuni sebagai business process.
Multi-tier architecture menyuguhkan bentuk three – tier yang diperluas dalam model fisik yang terdistribusi. Application server dapat mengakses Application server yang lain untuk mendapat data dari Data server dan mensuplai servis ke client Application.
Dalam manajemen database system perangkat bergerak, seiring dengan berkembangnya komunikasi bergerak dengan cepat memberikan dorongan kepada para operator layanan berlomba untuk memperkaya macam layanannya yang tentunya agar dapat menambah pemasukan bagi perusahaanya.
Beberapa contoh komunikasi data bergerak, misalnya untuk akses internet. Pengenalan WAP (Wireless Application Protocol) telah menunjukkan potensi sebagai layanan internet nirkabel/ WAP merupakan protocol global terbuka yang memungkinkan para pengguna mengakses layanan-layanan on-line dari layar kecil pada telepon genggam dengan menggunakan built-in browser. WAP bekerja pada berbagai teknologi jaringan bergerak, yang memungkinkan pasar missal bagi penciptaan layanan data bergerak.
MANFAAT
MANAJEMEN DATA TELEMATIKA
Manajemen data telematika digunakan
untuk mengatur segala data - data dari client dan server yang saling
berkomunikasi. Manajemen penting sekali dipakai dalam sebuah
perusahaan baik kecil maupun besar karena fungsi dari managemen adalah mengolah
atau mengatur sebuah system. Dibawah ini merupakan manfaat dari penerapan
manajemen data telematika yang baik, diantaranya :
· Mengatasi
kerangkapan data
· Menghindari
terjadinya inkonsistensi data
· Mengatasi
kesulitan dalam akses data
· Menyusun
format standar sebuah data
· Dapat
digunakan oleh banyak pemakai
· Melakukan
perlindungan dan pengamanan data
· Menyusun
integritas dan independasi data
PERMASALAHAN DAN ISU-ISU PADA MANAJEMEN DATA
TELEMATIKA
Permasalahan
dan isu-isu pada manajemen data telematika diantaranya adalah :
1.
Traffic congestion on the network,
dimana server akan mengalami overload ketika banyak client mengakses ke server
secara simultan.
2.
Berbeda dengan P2P network, dimana
bandwidthnya meningkat jika banyak client merequest. Karena bandwidth berasal
dari semua komputer yang terkoneksi kepadanya.
3.
Dapat menimbulkan server fail
pada client-server.
4.
Pada P2P networks, resources
biasanya didistribusikan ke beberapa node sehingga masih ada node yang dapat
meresponse request.
referensi :
http://jimyindrabascian.blogspot.com/2009/12/manajemen-data-telematika.html
http://macansirkuit.blogspot.com/2012/11/manajemen-data-telematika.html
http://macansirkuit.blogspot.com/2012/11/manajemen-data-telematika.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar