Minggu, 04 November 2012

MACAM-MACAM ORGANISASI MENURUT LUAS WILAYAH


Menurut wilayahnya, organisasi dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu organisasi daerah, organisasi nasional, organisasi regional dan organisasi internasional.

Organisasi Daerah
Organisasi yang luas wilayahnya meliputi suatu wilayah atau daerah tertentu. Luas wilayah ditentukan dengan pembagian wilayah yang berlaku pada suatu Negara. Misalnya PT Industri Sandang I dan PT Industri Sandang 2 yang berada di daerah barat dan timur.

Organisasi Nasional
Organisasi yang luas wilayahnya meliputi seluruh wilayah dalam suatu Negara. Indonesia misalnua, pemerintah pusat, organisasi kepartaian dan kekaryaan, organisasi-organisasi yang dibentuk oleh pemerintah, organisasi kepemudaan.

Organisasi Regional
Organisas yang wilayahnya meliputi beberapa Negara tertentu saja. Organisasi regional melahirkan kerjasama menurut kawasan. Lahirnya organisasi regional karena adanya kesamaan dalam suatu kawasan. Dibawah ini adalah contoh-contoh organisasi regional :
1)      Association of South Easth Asian Nations (ASEAN), merupakan organisasi regional di kawasan Asia Tenggara yang bertujuan untuk mengadakan kerjasama regional dalam bidang ekonomi, politik, dan kebudayaan.
2)      League of Arab States, yang lebih dikenal dengan Liga Arab didirikan oleh Negara-negara Arab, seperti Mesir, Syra, Libanon, Saudi Arabia, Irak, Yaman dan lainnya.
3)      South Pasifik Forum (SPF), merupakan organisasi kerjasama regional Megara-negara di kawasan Pasifik Selatan.

Organisasi Internasional
Orgnaisasi yang anggotanya meliputi Negara-negara di dunia (United Nations Organitation- UNO) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Disalam PBB terdapat badan-badan yang membantu Dewan Ekonomi Sosial, seperti
-          Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organitations-WHO)
-          Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund-IMF)

1 komentar:

  1. Mau tanya nih, organisasi yang dibentuk karena kedekatan wilayah itu di sebut apa ? masuk ke kategori mana yang di sebutkan di atas ?

    BalasHapus